Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Dampak Positif dan Negatif Media SosialMedia sosial telah menjadi sarana yang luar biasa bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri mereka. Menulis status Facebook, berkirim pesan dinding, mengirim tweet, mengunggah foto, semua aktivitas ini menjadi perwujudan tentang diri Anda. Media sosial juga telah mentransformasi cara manusia berkomunikasi dan bersosialisasi dengan banyak orang.

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial
Tidak seperti di dunia nyata di mana etika dan norma sosial terlihat lebih membatasi, di jejaring sosial orang-orang memiliki kebebasan yang lebih luas untuk berbicara dan mengekspresikan dirinya menggunakan fitur-fitur yang telah disiapkan. Memang, jejaring sosial tetap memonitor segala aktivitas yang dilakukan penggunanya, tetapi di Facebook misalnya yang memiliki lebih dari 900 juta pengguna dengan milyaran update status dan foto terunggah setiap harinya, tentu akan sulit mengevaluasi dan mengontrolnya satu-per-satu.

Apakah ini berarti buruk? Mari kita lihat bersama-sama. Berikut ini ditampilkan sisi positif dan negatif interaksi melalui jejaring sosial, dirangkum dari berbagai sumber.

Dampak Positif Media sosial:

1. Banyak orang yang mengalami kesulitan berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata, seperti karena gugup, khawatir, dan lain sebagainya. Di dunia maya, semua halangan ini bisa teratasi. Anda cukup mengetik pesan dengan jari Anda, mengeklik tombol, dan interaksi telah berjalan. Sesederhana itu.

2. Berita dan info terbaru dibagikan secara cepat. Jejaring sosial telah menciptakan suatu komunitas masyarakat yang cepat tanggap terhadap suatu info. Misalnya, di Twitter, ketika ada info tentang gempa bumi, banyak orang segera me-retweet dan membuka diskusi sehingga info tersebut cepat merambat ke banyak orang.

3. Meningkatkan kepercayaan diri. Di jejaring sosial, Anda bebas menampilkan diri Anda sebagaimana Anda mau. Pasang foto terbaik Anda, tulis status-status terbaik Anda, dan buat orang lain melihat Anda sebagaimana Anda mau (yang kadang-kadang sulit dilakukan di dunia nyata). Anda bisa meraih kepercayaan diri Anda.

4. Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing, dll. Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang. Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau video call yang disediakan di situs jejaring sosial.
Dampak Negatif Media sosial:

1. Tidak ada kontrol, hanya ada kontrol sosial. Bukan berarti jejaring sosial itu melepas penggunanya untuk bicara apa saja dan mengunggah foto apa saja: mereka juga memiliki aturan mereka sendiri. Tetapi sulitnya mengontrol satu-per-satu membuat para pengguna tetap harus berhati-hati agar terhindar dari konten yang tidak diinginkan.

2. Rawan pengucilan. Pernah dengar cyber-bullying? Ini kejahatan kriminal baru di mana seseorang dipermalukan di jejaring sosial. Ini kegiatan perpeloncoan yang berpindah ke jagat maya. Lagi-lagi, jejaring sosial telah membuat aturan tentang ini, tetapi aturan itu terlalu umum sehingga kembali kepada penggunanya lah agar terhindar dari kejahatan ini.

3. Di jejaring sosial, Anda harus siap-siap memiliki pikiran yang terbuka agar tidak mudah terhasut dan percaya. Apalagi untuk sebagian pengguna yang memiliki prinsip hidup atau keyakinan yang kuat akan sesuatu, kadang-kadang sulit menerima dan melihat orang lain memposting sesuatu yang bertolak belakang dengan keyakinan kita. Toleransi Anda akan sangat diuji di jejaring sosial.

4. Kejahatan dunia maya (cyber crime). Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
5. Melemahkan dan menurunkan sensitifitas. Penurunan sensitifitas yang dimaksud disini adalah menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata. Dengan jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.
Sekian artikel mengenai Dampak Positif dan Negatif Media Sosial. Kurang lebihnya mohon maaf.

Semoga Bermanfaat…

Add a Comment