PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT


PENELITI: Konflik Lampung Terjadi Karena Kecemburuan Penduduk Lokal

 
PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT  BANDAR LAMPUNG (Lampost.co): Peneliti Pusat Penelitian Sumberdaya Regional (PSDR) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Dr Yekti Maunati MA, mengatakan pemerintah daerah hendaknya jangan membiarkan terjadi kesenjangan ekonomi antara penduduk lokal dan pendatang.

“Konflik yang terjadi di Lampung baru-baru ini, tidak lepas dari kecemburuan antara penduduk lokal dan pendatang,” ujar Yekti Maunati usai acara pengukuhan gelar profesor risetnya di Auditorium LIPI, Jakarta,
Jumat (23-11).

Dalam kasus di Lampung tersebut, lanjut dia, bukan salah masyarakat Bali di Lampung yang bekerja keras dan mapan secara ekonomi.

PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT
“Pemerintah daerah hendaknya jangan membiarkan terjadi kesenjangan ekonomi tersebut. Itu harus dicegah, agar tidak terjadi konflik sosial,” tambah dia.

Konflik yang terjadi di Lampung tersebut, lanjut dia, bisa saja terjadi di berbagai wilayah transmigrasi lainnya di Tanah Air. 

“Hukum tentang tanah itu harus diperbaiki. Mana tanah adat dan mana tanah negara,” tukas dia.

Dia juga berpesan agar jangan sampai penduduk lokal “terinjak” akibat kedatangan para transmigran.
Profesor riset yang menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Identitas Etnik Minoritas di Perbatasan Asia Tenggara” itu mengatakan pemerintah harus adil terhadap penduduk lokal dan pendatang. (ANT/L-4) FOTO:


Sekian artikel mengenai PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT. Kurang lebihnya mohon maaf.


Semoga Bermanfaat…


Add a Comment