TUGAS SOFTSKILL 3 IBD

BAB VII MANUSIA DAN KEADILAN

6.      Apa pengertian keadilan menurut para filsuf dan pendapat umum ?
Jawab :
Keadilan menurut pandangan umum diartikan sebagai suatu keseimbangan atau keharmonisan antara menuntut hak dan menjalankan kewajiban.
Pengertian keadilan menurut beberapa pakar, di antaranya :
  • menurut Aristoteles, keadilan adalah kelayakan dalam tindakan manusia, kelayakan diartikan sebagai titik tengah di antara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit.
  • Menurut Plato, keadilan diproyeksikan pada orang. Orang yang adil, adalah orang yang mengendalikan diri dan perasaannya dikendalikan oleh akal.
  • Dan menurut Socrates, keadilan diproyeksikan pada Pemerintahan, keadilan tercipta bilamana setiap warga sudah merasakan bahwa pihak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.
7.      Jelaskan macam – macam keadilan !
Jawab :
a.   Menurut sumbernya
  1. Keadilan individual, adalah keadilan yang bergantung pada kehendak baik atau kehendak buruk masing-masing individu.
  2. Keadilan sosial, adalah keadilan yang pelaksanaannya bergantung pada struktur-struktur tersebut, seperti dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan ideologi.

b.   Menurut jenisnya
  1. Keadilan legal (keadilan moral), terwujud apabila setiap anggota dalam masyarakat melakukan fungsinya dengan baik menurut kemampuannya.
  2. Keadilan distributif, terwujud apabila hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama pun diperlakukan secara tidak sama.
  3. Keadilan kumulatif, terwujud apabila tindakannya tidak bercorak ekstrem sehingga merusak atau menghancurkan pertalian di dalam masyarakat, sehingga masyarakat menjadi tidak tertib.

8.      Jelaskan pengertian kejujuran, kekurangan, dan pembalasan !
Jawab :
Kejujuran atau jujurartinya apa yang dikatakan seseorang sesuai dengan hati nuraninya, apa yang dikatakannya sesuai dengan kenyataan yang ada. Sedang kenyataan yang ada itu adalah kenyataan yang benar-benar ada. Jujur juga berarti seseorang bersih hatinya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama dan hukum. Untuk itu dituntut satu kata dan perbuatan-perbuatan yang berarti bahwa apa yang dikatakan harus sama dengan perbuatannya. Karena itu jujur juga menepati janji atau kesanggupan yang terlampir melalui kata-kata ataupun yang masih terkandung dalam nuraninya yang berupa kehendak, harapan dan niat.
Kekuranganadalah sesuatu yang dimiliki orang lain, tapi kita tidak memilikinya. Misalnya seseorang yang cacad, tapi kekurangan itu menjadi kelebihan untuk diri kita sendiri.

Pembalasanadalah sebuah perilaku yang ditujukan untuk mengembalikan perbuatan sesorang. Ada pembalasan dalam hal kebaikan dan ada pembalasan yang bersifat buruk. Pembalasan juga bisa disebut sebagai hukuman ataupun anugrah, pembalasan diartikan sebagai hukuman ketika seseorang mendapatkan kejadian buruk setelah berbuat kejahatan kepada orang lain dan sebaliknya, pembalasan diartikan sebagai anugrah ketika seseorang mendapatkan keuntungan setelah orang tersebut berbuat baik kepada orang lain. Pembalasan bisa datang dari sesama manusia ataupun dari Allah swt. Banyak cara untuk membuat hamba-Nya jera ataupun bahagia, karena rejeki atau musibah datang dari arah yang tidak pernah kita duga.

Add a Comment