TUGAS SOFTSKILL 3 IBD

TUGAS I MATA KULIAH

BAB VI MANUSIA DAN PENDERITAAN

1.   Apa pengertian penderitaan?
Jawab :

Penderitaanberasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dalam kehidupan manusia sering terjadi seiring berkembangnya kehidupan manusia tersebut. Semakin berkembangnya kehidupan manusia makan akan semakin kompleks juga penderitaan yang akn di hadapi manusia.

2.   Apa pengertian sistem dan bagaimana jenis sistem menurut kitab suci?

Jawab :

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Jenis – jenis system menurut kitab suci :
  • Sistem politik islamadalah sebuah aturan tentang pemerintahan yang berdasarkan nilai-nilai Islam.
  • Sistem ekonomi Islam. Sistem ekonomi Islam hadir jauh lebih dahulu dari kedua sistem yang dimaksud di atas, yaitu pada abad ke 6, sedangkan kapitalis abad 17, dan sosialis abad 18. Dalam sistem ekonomi Islam, yang ditekankan adalah terciptanya pemerataan distribusi pendapatan, seperti terecantum dalam surat Al-Hasyr ayat 7.
  • Sistem Budaya Agamamerupakan sistem budaya dan oleh karena itu bersifat simbolik,sebagai model untuk realitas, agama pun tidak dapat di penetrasikan secara eksperimental tetapi hanya secara interpretatif.
3.      Apa pengertian kebimbangan, kesepian dan kelembutan ?
Jawab :

     Kebimbangan adalah emosi biasa yang kita alami bila berhadapan dengan keadaan yang tidak tentu atau berbahaya. Kita merasa bimbang bila kita mengalami situasi yang menekankan seperti kehilangan pekerjaan, terperangkap dalam kesesakan lalu lintas, atau menjelang pemeriksaan.
Kesepian adalah keadaan emosi dan kognitif yang tidak bahagia yang diakibatkan oleh hasrat akan hubungan akrab tetapi tidak dapat mencapainya.
Kelembutan adalah cara atau sikap seseorang terhadap orang lain. Kelembutan dapat dilihat dari cara berbicara, sikap, dan perilakunya terhadap orang lain.
4.      Jelaskan pengertian kekalutan mental, gejala – gejalanya dan tahap – tahapnya !
Jawab :
Kekalutan mentaladalah gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah laku secara kurang wajar.
Gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah :
  • Nampak pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung.
  • Nampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, mudah marah.


    Tahap-tahap gangguan kejiwaan adalah :
    • Gangguan kejiwaan nampak pada gejala-gejala kehidupan si penderita bisa jasmana maupun rohani.
    • Usaha mempertahankan diri dengan cara negatif, yaitu mundur atau lari, sehingga cara benahan dirinya salah; pada orang yang tidak menderita gantran kejiwaan bila menghadapi persoalan, justru lekas memecahkan problemnya, sehingga tidak menekan perasaannya. Jadi bukan melarikan diri dan persoalan, tetapi melawan atau memecahkan persoalan.
    • Kekalutan merupakan titik patah (mental breakdown) dan yang bersangkutan mengalami gangguan.


      5.      Jelaskan sebab – sebab timbulnya penderitaan !
      Jawab :
      Apabila kita kelompokkan secara sederhana berdasarkan sebab-sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan dapat diperinci sebagai berikut :

      • Penderitaan yang timbul karena perbuatan manusia

          Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dengan alam sekitarnya. Penderitaan ini kadang disebut nasib buruk. Nasib buruk ini dapat memperbaiki nasibnya. Perbedaan nasib buruk dan takdir, kalau takdir Tuhan yang menentukan sedangkan nasib buruk itu manusia penyebabnya.


      • Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan / azab Tuhan

              Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat atau siksaan / azab Tuhan. Namun kesabaran, tawakal, dan optimisme dapat merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu. Banyak contoh kasus penderitaan semacam ini dialami manusia. Beberapa kasus penderita dapat diungkapkan berikut ini, yaitu Seorang anak lelaki buta sejak dilahirkan, diasuh dengan tabah oleh orang tuanya. Ia disekolahkan, karena kecerdasannya, ia memperoleh pendidikan sampai di Universitas dan akhirnya memperoleh gelar Doktor di Universitas Dsabone Perancis. Dia adalah Prof. DR Thaha Husen, guru besar Universitas di Kairo, Mesir.

      Add a Comment