TUGAS I : SOFTSKILL BAHASA INDONESIA

      Pesan adalah setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi, baik secara lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain. Dengan kata lain pesan dapat kita umpamakan sebagai cara dalam menyampaikan informasi. Bahasa adalah salah satu cara dalam menyampaikan pesan. Salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka pesan yang berisikan informasi tersebut akan mudah dipahami oleh si penerima. Karena itu penggunaan Bahasa Indonesia yang baik sangat bermanfaat dalam penyampaian pesan.
Sekarang kita akan membahas, sebenarnya apa sih fungsi dari Bahasa itu sendiri..Berikut fungsi dari Bahasa..
1.   Bahasa Sebagai Alat Komunikasi
     
      Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari satu orang ke orang lain. Dalam proses komunikasi kita membutuhkan Bahasa. Contoh : Ada seorang ibu rumah tangga yang memiliki keturunan Jawa, sedang berbelanja sayuran di depan komplek rumahnya. Sedangkan penjual sayur tersebut adalah keturunan sunda. Mereka melakukan proses jual beli dengan Bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia. Jika mereka berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa daerah mereka masing – masing, maka baik ibu yang membeli ataupun penjual sayur akan sulit memahaminya, karena Bahasa yang mereka gunakan berbeda. Kecuali jika mereka menguasai Bahasa tsb. Nah disini lah fungsi Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi.
2.   Bahasa Sebagai Alat Integrasi dan Adaptasi Sosial
    Dengan adanya Bahasa maka kita bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Misalnya sering berkomunikasi dengan tetangga,teman,guru,dll. Dalam media sosial kita juga berkomunikasi dengan Bahasa. Ini lah yang dimaksud fungsi Bahasa sebagai alat Adaptasi Sosial.
      Sedangkan fungsi Bahasa sebagai Alat Integrasi yaitu karena Bahasa memungkinkan kita bersatu atau bersosialisasi dengan orang lain yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda.
3.   Bahasa Sebagai Alat Ekspresi Diri
     Bahasa dapat mengekspresikan seperti apa perasaan kita. Marah,bahagia, atau sedih. Misalnya kita sedang marah, maka untuk meluapkannya kita menggunakan bahasa dengan nada kesal.
4.   Bahasa Sebagai Alat Kontrol Sosial
   Yang dimaksud dengan Bahasa sebagai alat kontrol sosial dapat diterapkan untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat. Buku-buku pelajaran dan buku-buku instruksi adalah contoh dari alat kontrol sosial.

FENOMENA BAHASA INDONESIA

   Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, Bahasa Indonesia memiliki banyak fenomena khususnya dikalangan remaja, baik dalam bentuk yang positif maupun dalam bentuk yang negatif. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini :

1.   Fenomena Positif

    Semakin banyak orang yang dapat berkomunikasi dengan baik menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di zaman serba modern ini, banyak para orang tua yang memiliki pendidikan tinggi, sehingga mereka mampu mendidik dan mengajarkan anak – anak mereka sebagai penerus generasi bangsa dengan Bahasa Indonesia yang benar. Sehingga memungkinkan generasi kedepan mampu berkomunikasi dengan baik. Selain itu, saat ini Bahasa Indonesia mulai dikenal di beberapa Negara, bahkan ada yang menggunakannya, para tourist pun berkomunikasi di Indonesia dengan Bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia.

2.   Fenomena Negatif

     Dikalangan remaja saat ini banyak terdapat bahasa yang menyimpang dari Bahasa Indonesia. Misalnya seperti bahasa yang digunakan pada media sosial, SMS, bahasa gaul, dll. Bahasa tersebut diciptakan sekelompok atau beberapa orang tertentu, yang dianggap lucu, atau unik, dan diikuti oleh remaja yang lainnya, sehingga menjadi trend. Fenomena ini tidak baik, karena akan menjadi kebiasaan, sehingga lambat laun Bahasa Indonesia semakin ditinggalkan oleh para remaja.

    Sebagai warga negara yang berpendidikan, dan memiliki etika, kita harus menjunjung tinggi Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Agar perkembangan Bahasa Indonesia semakin baik di lingkungan masyarakat, khususnya untuk para remaja. Kita juga harus mendidik anak – anak kita dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar nantinya, agar anak – anak kita menjadi generasi penerus bangsa yang mampu berkomunikasi dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*