Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi


Encyclopedia of Computer Science and Engineer  mendefinisikan “Sistem Informasi” sebagai : ” A system in which computing technology is applied to the information needs of the organization “, yaitu ” Sebuah sistem di mana teknologi komputasi ini diterapkan untuk kebutuhan informasi organisasi “. Sistem Informasi dalam Dunia Akademik Konsep  mengenai  ilmu  itu  sendiri diperkenalkan  pada   dunia akademik  melalui  dua artikel utama dari Ashenhurst  (1972) dan Couger (1973). Dengan kata lain, bahwa keberadaan ilmu itu  telah diperkenalkan  dan dipelajari pada awal tahun 70-an  di beberapa perguruan   tinggi  di  Amerika.  Pada  kedua artikel tersebut  disebutkan  bahwa tujuan diajarkannya ilmu Sistem Informasi  pada perguruan tinggi adalah : ” To give students knowledge of the organization, its  information needs, and its behavior, as well as of computing technology ( Untuk memberikan pengetahuan siswa tentang organisasi, kebutuhan informasi, dan perilaku, serta teknologi komputing ) “.
Karena itu pembelajaran mengenai sistem informasi dalam dunia akademik perlu ditingkatkan, khususnya bagi para mahasiswa, agar para mahasiswa ini dapat membangun sistem yang lebih canggih lagi nanti kedepannya, demi mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional. dan karena itu pula, banyak perguruan tinggi yang mengadakan program studi Sistem Informasi.
Sistem Informasi dan Sistem Komputer saling berhubungan erat, dan saling mendukung satu sama lain. Sistem komputer didesain untuk membantu manusia memudahkan pekerjaannya. Pada saat sekarang ini komputer sering digunakan untuk memproses informasi yang berguna untuk diri sendiri maupun orang lain. sebagai contoh sistem komputer dalam perbankan yang memanfaatkan internet sebagai sistem online. Sistem ini sangat membantu memberikan informasi dan mempercepat alur data ke beberapa tempat yang berbeda. Sistem komputer dibutuhkan untuk mengolah data yang bisa menghasilkan informasi yang berguna untuk orang tertentu.informasi berfungsi sebagai faktor penunjang mendukung menyelesaikan  masalah. Oleh sebab itu sistem komputer sangat berkaitan dengan sistem informasi. Kini semua orang memakai komputer untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Sistem Informasi Akademik

Apa saja yang bisa didapat dari dan dilakukan dengan sistem informasi akademik pada Universitas ?

 Sistem Informasi akademik umumnya dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa.

Apa manfaat dari sistem informasi akademik ?

Sistem informasi akademik memberikan beberapa manfaat bagi penggunanya antara lain :

  • Integrasi data

          Dengan pengelolaan data secara integrasi sehingga data akan selalu up-to-date dan selalu siap digunakan, serta mengurangi resiko duplikasi data.

  • Sebagai pusat informasi

          Dengan adanya respon email otomatis, PMB online, penjadwalan kuliah, KRS online, dan penilaian yang real time online maka semua berita atau pengumuman dapat diakses sebagai referensi.

  • Alat rekam kegiatan kampus

          Para pengguna dapat selalu memantau perkembangan setiap kegiatan di dalam kampus tanpa perlu hadir secara fisik sehingga setiap proses dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

  • Media komunikasi pengguna

          Dengan dilengkapi beberapa fitur seperti email terpadu, chatting, forum dan lain-lain maka sistem ini juga bisa dijadikan sebagai media komunikasi antar para penggunanya.

Sumber : balelol.wordpress.com
               www.gunadarma.ac.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*