Cara memperbaiki RAM yang rusak

Cara memperbaiki RAM yang rusak – Saat ini sedang banyak yang mencari tahu apa sebab dan masalah dari RAM yang tidak bisa digunakan lagi, bagi orang yang terjun kedalam dunia IT hal tersebut sebenarnya bisa diatasi. IT sekarang merupakan salah suatu hal yang sangat penting untuk dipelajari karena jaman seperti sekarang ini sudah tidak jaman jika seseorang masih belum mengerti apa itu IT. RAM merupakan salah satu bagian atau hardware yang memiliki peran penting pada sebuah PC atau Personal Computer yang memiliki fungsi sangat penting. 


Fungsi dari sebuah RAM(random akses memory) yaitu sebagai tempat untuk melakukan penyimpanan data sementara. Semua aplikasi serta program yang sedang berjalan pastinya membutuhkan RAM.
Jika anda masih belum tahui, sebenarnya cara memperbaiki RAM yang rusak itu tidaklah sesulit apa yang kita pikirkan. Kita juga harus paham dengan RAM yang mengalami masalah tersebut. RAM mempunyai kapasitas yang tentunya berbeda – beda. Apabila kapasitas dari RAM semakin besar tentu jelas makin banyak ruang yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi secara keseluruhan. Biasanya, para pengguna komputer akan mematikan beberapa pemakaian aplikasi yang sangat boros dengan RAM. Oleh karena itu jika aplikasi tersebut sedang tidak digunakan, mereka akan mematika aplikasi tersebut agar ruang penyimpanan sementara cukup lega agar tidak merasakan lag sama sekali.

Lalu bagaimana cara memperbaiki RAM yang rusak, karena banyak yang bilang bahwa RAM yang sudah rusak tidak bisa dipakai lagi dan sudah harus diganti dengan yang baru. Kata siapa? Semua itu pasti ada caranya, tinggal melihat seberapa jauh usaha kita untuk memperbaikinya. Untuk mengenali RAM yang rusak,anda harus mengetahui ciri – ciri RAM yang rusak atau error terlebih dahulu. Apa saja itu?
  1. PC / Komputer sering sekali mati dengan sendirinya tanpa ada sebab.
  2. PC / Komputer tiba – tiba aka mengalami blue screen.
  3. PC / Komputer sering melakukan restart denan sendirinya.
  4. PC / Komputer akan mengeluarkan bunyi beep atau tanda error pada RAM ketika pertama kali menyalakan.
  5. PC / Komputer tidak dapat booting sama sekali.

Lalu bagaimana cara memperbaiki RAM yang rusak? Jawabannya ada dibawah ini.

Membersihkan RAM yang kemungkinan kotor dan berdebu yang sudah jarang sekali dibersihkan. Bersihkan dengan menggunakan penghapus karet. Caranya adalah dengan menggosok – gosokan pada kuningannya secara searah.

Jika permasalah muncul pada tegangan listrik yang tidak stabil, maka gunakan power supply atau UPS jika kondisi listrik di rumah anda kurang bagus agar PC mampu ter-shut down dengan baik, karena RAM dapat terkena dari dampak masalah listrik tersebut. Oleh karena itu jangan sampai RAM rusak dikarenakan oleh ketidak – stabilan dari listrik rumah anda.

Sekian artikel mengenai Cara memperbaiki RAM yang rusak. Kurang lebihnya mohon maaf.

Semoga Bermanfaat…

Add a Comment