Cara reset BIOS komputer

Cara reset BIOS komputer – Apakah anda sudah tahu cara reset BIOS komputer? Apakah anda pernah melakukannya? Jika anda memilki masalah pada BIOS mungkin anda sangat tepat untuk berkunjung di website ini yang akan membahas cara reset BIOS komputer dengan mudah. Apakah anda sudah tahu bahwasannya reset BIOS ternyata mempunyai fungsi untuk dapat mengembalikan fungsi BIOS kepada mode default atau mode awal. Hal ini akan sangat berguna untuk dapat menghilankan password yang telah disetting atau diatur melalui BIOS. Jika anda lupa akan password yang pernah anda atur sebelumnya, maka solusi yang tepat adalah dengan mengatur ulang atau reset BIOS pada komputer anda.
Sebenarnya apa sih fungsi dari melakukan reset pada BIOS? Sebelum kita mengetahui cara reset BIOS komputer, sebaiknya kita harus memahami beberapa fungsi reset BIOS tersebut.
  1. BIOS pada komputer yang memiliki password yang disebabkan oleh lupa ataupun juga per”nah di beri password oleh teman anda yang iseng, solusi yang baik adalah dengan “clear password” dengan mereset settingan pada BIOS.
  2. Ketika anda ingin melakukan upgrade ataupun downgrade prosessor. Penggantian prosessor akan dapat membuat moteherboard tidak mampu bekerja seperti sediakala. Hal ini diakibatkan oleh adanya pengaturan BIOS yang masih lama masih terbaca pada bus clock dan juga ratio prosessor yang lama.
  3. Reset BIOS akan dibutuhkan jika dtemukan adanya kesalahan dalam pengaturan BIOS. Sehingga nantinya akan diperlukan untuk dapat mengembalikan BIOS pada pengaturan awal.

Lalu bagaimanca cara reset BIOS komputer yang baik dan bernar itu? Caranya sebenarnya itu sangat mudah. Berikut inilah cara – cara yang dapat anda praktekkan.
  • Pertama – tama lepaskanlah komputer anda dari sumber listrik yang tertancap yaitu dengan mencabut kabel power. Kemudian bongkarlah pc anda, cabut kabel power yang 24 pin dari power supply yang tertancap di motherboard.
  • Tunggulah beberapa saat kemudian supaya listrik benar – benar tidak terhubung atau hilang dari motherboard. Hal seperti ini dimaksudkan untuk menghilangkan tegangan – tegangan yang tersisa dalam komponen di motherboard seperi kondensator elektrolit.
  • Di dalam bagian motherboard, cobalah untuk mencari tombol atau sebuah jumper yang ada tulisannya CLR CMOS. Biasa ini berada di dekat dengan baterai CMOS. Jumper clear CMOS biasa terdiri dari 2 jenis yakni ada 2 pin atau 3 pin. Jika menggunakan tombol, coba untuk menekan tombol clearnya. Jika jumper dengan 3 pin, coba pindahkan pada posisi jumper pada sisi yang lain. Sedangkan jika jumper dengan 2 pin, anda hanya menjumper kedua pin itu saja. Apabila anda tidak mempunya jumper, anda bisa memendekkan kedua pin tersebut dengan menggunakan obeng yang standar. Tunggulah beberapa saat.
  • Selanjutnya kembalikan pada posisi jumper awal. Cabut jumper dengan tipe 2 pin. Atau kembalikan jumper pada posisi sebelumnya untuk yang menggunakan 3 pin.
  • Pasanglah kembali kabel power supply yang 24 pin pada motherboard, selanjutnya hubungkan kabel power pc ke stop kontak atau sumber listrik terdekat. Dan lihatlah hasilnya BIOS anda sudah tereset dengan baik dan benar.

Sekian artikel mengenai Cara reset BIOS komputer. Kurang lebihnya mohon maaf.


Semoga Bermanfaat,, jangan lupa ya G+, like and share yaa 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*