Gunung Tangkuban Perahu, Salah Satu Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Gunung Tangkuban Perahu, Salah Satu Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Siapa yang tak mengenal gunung tangkuban perahu? Ya, hampir semua orang mengenal gunung tersebut. Gunung tangkuban perahu merupakan tujuan tempat wisata polpuler yang ada di Bandung. Selain karena cerita sang kuriangnya yang sangat melegenda, gunung ini menyajikan panorama indah di atasnya. Maka tak heran, banyak wisatawan lokal maupun asing yang ingin mengunjungi tempat wisata di Bandung yang satu ini.
Gunung tangkuban perahu memiliki ketinggian 2.084 meter. Memiliki panorama pohon pinus dan kabut putih yang mengelilingi puncak gunungnya, membuat tangkuban perahu semakin diminati banyak orang untuk dikunjungi. Tak hanya itu, yang menjadi tujuan utama dari tempat wisata di Bandung yang satu ini adalah kawah belerangnya yang berada di puncak gunung.
 Sejarah Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu, Salah Satu Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi
Asal-usul dari gungung tangkuban perahu sendiri bermula dari kisah Sangkuriang yang jatuh cinta terhadap ibunya sendiri, yakni Dayang Sumbi.  Namun meski begitu, untuk menggagalkan rencana Sangkuriang sendiri untuk menikahinya, Dayang Sumbi memberikan syarat kepada Sangkuriang untuk membuat sebuah perahu dengan tenggat waktu hanya semalam.
Karena merasa gagal membuat perahu yang diminta si Dayang Sumbi tersebut, kemudian Sangkuriang menendang perahu yang baru setengah jadi tersebut hingga dalam keadaan terbalik. Kemudian menurut legenda tersebut, perahu terbalik yang ditendang Sangkuriang tersebut berubah jadi gunung yang sampai saat ini dinamai gungung Tangkuban Perahu.
Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu
Untuk menuju ke tempat wisata di Bandung tangkuban perahu ini tidak terlalu sulit. Dari arah Tol Pasteur, lanjutkan menuju Jalan Dr. Djunjunan. Baru kemudian lanjut ke arah Pasirkaliki. Kemudian anda harus melewati daerah Sukajadi – Setiabudi dan Lembang. Baru setelah itu anda akan sampai ke lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu. Sedangkan untuk alamat lengkapnya adalah, Gunung Tangkuban Perahu, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat 40391 Jawa Barat. Namun bila anda masih merasa bingung untuk menuju ke tempat wisata gunung tangkuban perahu ini, anda dapat menyewa paket wisata yang saat ini sudah mulai banyak dipasarkan.
Status Gunung Tangkuban Perahu
Meskipun merupakan tempat wisata di Bandung yang cukup terkenal, namun nyatanya status dari gunung tangkuban perahu ini masih aktif. Tanda aktifnya gunung berapi ini adalah bau gas belerang yang sering muncul dan juga adanya sumber-sumber air panas di sekitaran gunung berapi ini. Namun, aktifitas dari gunung tangkuban perahu ini masih saat ini telah diawasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Jadi jika ada tanda-tanda akan meletusnya gunung ii, tentunya pemerintah setempat akan menginformasikannya kepada semua yang berada di kawasan tersebut.
Sekiranya hanya itu saja yang dapat saya sampaikan di artikel tempat wisata di Bandung Tangkuban Perahu. Semoga dapat menjadi referensi wisata untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *