Kawah Putih, Tempat Wisata Di Bandung Yang Fenomenal

Kawah Putih, Tempat Wisata Di Bandung
Bicara soal tempat wisata di Bandung yang sangat terkenal, kawah putih Ciwidey adalah salah satunya. Kawah ini berlokasi di daerah Ciwidey, Jawa Barat atau kurang lebih 50 KM dari pusat kota Bandung itu sendiri. Tempat ini menyajikan kawah atau danau yang sangat indah ketika dipandang. Bahkan, warna yang ada pada danau ini mampu berubah-ubah sesuai dengan kondisi suhu, kadar belerang dan cuaca setempat.
Kawah Putih Ciwidey ini berada di atas ketinggian 2.400 meter. Tentunya dengan ketinggian tersebut, tak heran jika suhu udara di salah satu tempat wisata Bandung ini sangat dingin, yakni antara 8 sampai 22 derajat Celcius. Maka sangat disarankan untuk para pengunjung, agar membawa pakaian tebal ataupun jaket apabila ingin mengunjungi tempat ini.
Sejarah Kawah Putih Ciwidey
Sejarah Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey ini sendiri terbentuk karena letupan gunung Patuha yang meletus pada abad 10 yang lalu. Bahkan dipercaya, setiap burung yang melewati kawah ini akan tiba-tiba mati. Oleh karena hal tersebut, maka Kawah Putih Ciwidey ini sering dianggap angker oleh masyarakat setempat.
Pada akhirnya, ada seseorang yang penasaran akan keberadaan Kawah Putih ini. Ia adalah seorang ahli Botani yang berasal dari Jerman, yakni Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Pada tahun 1837, peneliti tersebut melakukan penelitian terhadap kawah putih ini. Ada pertanyaan yang terlontar di pikirannya, mengapa tak ada seekor burung pun yang ada di sekitaran lokasi kawah ini. Hingga peneliti tersebut mendapatkan informasi dari orang-orang yang tinggal disekitaran kawah putih ini, bahwa lokasi tersebut memang angker.
Hingga pada akhirnya, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn menemukan danau putih yang berada di atas puncak. Peneliti asal Jerman tersebut berhasil mematahkan anggapan warga yang menganggap angker disekitaran lokasiKawah Putih Ciwidey. Pasalnya, tidak adanya hewan atau binatang yang ada di sekitaran kawah ini dikarenakan bau belerang yang sangat menyengat.
Hingga sejak saat itu, pemerintah daerah mengembangkan Kawah Putih Ciwidey yang saat ini merupakan tempat wisata di Bandung yang sangat terkenal.
Fasilitas Yang Ada Di Kawah Putih Ciwidey
Fasilitas Yang Ada Di Kawah Putih Ciwidey
Sejak dikembangkan sebagai kawasan tempat wisata di kota Bandung, kini Kawah Putih ini sudah memiliki fasilitas yang memadai, seperti
1.       Parkir Area Yang Luas
2.       Transportasi Dari Bawah Menuju Ke Kawah
3.       Mushola
4.       Pusat Informasi
5.       Toilet Umum
6.       Restoran Ataupun Warung Makan

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Tarif tiket masuk utama ke kawah ini adalah Rp.15.000 untuk satu orangnya. Sedangkan untuk tarif lainnya, seperti di bawah ini
1.       Parkir Mobil Atas Rp.150.000
2.       Parkir Motor Atas Rp.35.000
3.       Parkir Mobil Bawah Rp.6.000
4.       Parkir Motor Bawah Rp.5.000
5.       Parkir Bus Bawah Rp.25.000
6.       Ontang-anting Atau Transportasi Bus Umum Ke Atas Kawah Rp.13.000
Demikianlah ulasan saya mengenai Kawah Putih Ciwidey ini. Sebenarnya, salah satu tempat wisata di bandung yang satu ini tergolong murah dibandingkan tempat wisata lainnya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Add a Comment