Situ Patenggang, Tempat Wisata Murah Di Bandung

Situ Patenggang, Tempat Wisata Murah Di Bandung

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang merupakan sebuah tempat wisata di Bandung, tepatnya di Bandung selatan. Danau ini menyajikan view yang sangat indah dan asri, sekaligus udara yang sangat sejuk karena letaknya yang berada di atas ketinggian lebih dari 1.600 meter. Danau Situ Patenggang juga termasuk danau yang cukup besar, karena memiliki luas sekitar 45.000 hektar.
Untuk mengenal lebih dalam tentang tempat wisata murah yang berada di Bandung ini, saya akan mengulasnya menjadi beberapa bagian seperti dibawah ini
Asal Muasal Nama Situ Patenggang

Asal Muasal Nama Situ Patenggang


Nama dari Situ Patenggang sendiri berasal dari bahasa sunda, yakni ‘situ’ yang memiliki arti danau dan ‘patenggang’ yang memiliki arti saling memiliki. Jadi nama Situ Patenggang berarti danau yang saling memiliki. Sejarah dari Situ Patenggang sendiri berasal dari cerita kuno. Yakni Ki Santang dan Dewi Rengganis yang memiliki cinta suci namun terpisah dengan rentan waktu yang cukup lama. Akhirnya, mereka berdua bertemu di sebuah tempat yang kini dinamai ‘Batu Cinta’. Setelah beberapa lama, Dewi Rengganis meminta dibuatkan danau dan sebuah perahu, agar mereka dapat berlayar bersama-sama. Hingga sampai saat ini, perahu tersebut sudah berubah menjadi sebuah pulau yang saat ini berbentuk hati dan dimai ‘Pulau Asrama’. Menurut mitos, sepasang kekasih yang mengunjungi pulau asrama akan memiliki kisah cinta yang abadi.
Fasilitas Di Tempat Wisata Situ Patenggang
Fasilitas yang ada di Situ Patenggan juga tak kalah lengkap dibandingkan dengan tempat wisata Di Bandung lainnya. Fasilitas tersebut diantaranya,
  1. Toilet Umum
  2. Mushola
  3. Parkir Area
  4. Gazebo
  5. Sepeda Air
  6. Penyewaan Perahu
  7. Toko Buah
  8. Perahu Angsa
  9. Serta Rumah Makan

Kegiatan Berwisata Di Situ Patenggang

Tak hanya dapat berkeliling danau menikmati indahnya pemandangan di tempat wisata ini, andapun dapat melakukan berbagai kegiatan wisata positif seperti berikut
  1.  Bermain Sepeda Air
  2. Memancing
  3. Jalan-Jalan Mengelilingi Kebun Teh
  4. Mengelilingi Pulau Asmara
  5. Mengunjungi Batu Cinta
  6. Dan Juga Mengelilingi Danau Dengan Perahu Yang Lucu-lucu

Lokasi Situ Patenggang
Tempat wisata yang akhir-akhir ini ramai dikunjungi berbagai wisatawan lokal maupun asing ini, tepatnya berada di daerah Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Para wisatawan hanya menempuh jarak sekitar 2 jam dari pusat kota Bandung itu sendiri.
Cara Menuju Situ Patenggang
Tempat wisata Situ Patenggang cukup mudah untuk dituju. Anda hanya perlu keluar ke pintu tol Lopo dari arah jalan tol Jakarta menuju Bandung. Baru kemudian, akan ada arah tanda menuju ke Soreang, ke Ciwidey dan Situ Patenggang.
Harga Tiket Dan Lain-lain Di Situ Patenggang
Tiket Masuk
  • Wisatawan Lokal Rp.15.000
  • Wisatawan Asing Rp.50.000
Tarif Parkir
  • Motor Rp.3.500
  • Mobil Rp.11.500
  • Bus Rp.22.000

Tarif Penyewaan
  • Perahu Angsa Rp.40.000
  •  Perahu Warna-warni Rp.150.000
  • Penginapan Rp.600.000

Sekian ulasan saya tentang tempat wisata di Bandung yang satu ini. Tentunya, harga atau tarif tersebut dapat berubah setiap waktu. Selamat berakhir pekan.

Incoming search terms:

  • fasilitas di situ patenggang 2017

Add a Comment