Mengembangkan Kecerdasan Emosional Si Kecil

kecerdasan seorang anak tidak semata-mata dinilai dari sisi intelektualnya saja melainkan dari sisi emosional juga. kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk memahami bagaimana menerima, mengatur, serta menilai perasaan baik diri sendiri maupun orang lain. Anak-anak yang memiliki kecerdasan emosional akan lebih mudah bergaul karena mereka akan bersikap kooperatif  juga ramah. anak-anak akan lebih mampu membawa diri mereka dalam pergaulan.

Kecerdasan emosional tidak datang begitu saja, namun melalui proses pembiasaan dan pemahaman. Jika Anda menginginkan anak-anak Anda memiliki kecerdasan emosional yang baik, maka sebagai orang tua Anda harus membantu mengembangkannya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kecerdasan emosional anak.

Mengembangkan Kecerdasan Emosional Si Kecil

  • metode take and give

metode take and give mengarahkan Anda untuk menerima emosi atau perasaan anak Anda serta berikan pula tanggapan yang emosional. Dalam hal ini, saat anak Anda sedang mengalami emosi tertentu seperti sedih, marah, ataupun senang, Anda dapat memberikan tanggapan. Misalnya, saat anak Anda terlihat gembira, Anda dapat mengatakan “wah, mama senang melihat kakak senang.”

  • mengidentifikasi emosi dengan menamainya

Ank-anak mungkin belum meyadari apa nama perasaan yang mereka alami. untuk membentuk kecerdasan emosional si kecil, Anda dapat memberitahukan nama perasaan yang sering mereka alami. Contoh, saat si kecil sedang ngambek, Anda dapat mengatakan “kakak lagi marah ya?” atau lain sebagainya.

  • Berbicara tentang perasaan

Untuk membantu mengekspresikan perasaan atau emosi yang si kecil alami, sebagai orang tu Anda bisa mengajaknya bicara. Semisal Anda melihat anak Anda sedang murung, Anda dapat menanyakan kepada anak Anda “Adik kenapa sedih?” Dalam hal ini Anda memberikan stimulasi agar anak Anda menyalurkan emosinya dengan baik. Dengan berbicara mereka akan lebih terbuka dan juga menemukan solusi apa yang harus mereka sebaiknya lakukan.

  • ajak si kecil memahami perasaan orang lain

Memahami perasaan orang lain merupakan salah satu aspek kecerdasan emosional. Anda dapat mengajarkan kepada anak Anda bagaimana memahami apa yang orang lain rasakan. Contoh, saat melihat tanyangan televise tentang anak yang orang tuanya sakit, cobalah untuk menanyakan “bagaimana perasaan adik kalau jadi anak itu?” Hal ini akan melatih kepekaan emosi anak Anda.

  • dukung dengan nutrisi yang tepat

Asupan nutrisi menjadi faktor penting tumbuh kembang anak. Nutrisi yang baik akan mendukung kesehatan yang baik pula. Kaitannya dengan kecerdasan emosional, nutrisi dapat membantu menjaga kesehatan otak yang diantaranya berfungsi sebagai pengatur emosi dan impuls. Wyeth nutrition hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dengan kualitas premium serta teruji klinis. Bergerak lebih dari satu abad, wyeth nutrition selalu berusaha memberikan solusi nutrisi terbaik  untuk mendukung pertumbuhan anak-anak.