Scaffolding Atau Perancah dengan Berbagai Jenis dan Kegunaannya

Scaffolding

Scaffolding Atau Perancah dengan Berbagai Jenis dan Kegunaannya – Ada yang pernah melihat salah satu alat yang digunakan dalam pembangunan proyek besar dan sering digunakan oleh para pekerja proyek untuk membantu menjangkau ketinggian? Nah, itu merupakan scaffolding atau orang sering menyebutnya dengan perancah. Umumnya para pekerja membuat alat tersebut untuk membantu mencapai ketinggian lebih dari 2 meter. Bukan hanya para pekerja saja tetapi perancah tersebut juga dapat menyangga beberapa material bangunan yang sering digunakan dalam proyek tersebut. untuk sederhananya parancah dapat dibuat menggunakan sejenis bambu tetapi jika dalam proyek besar alat tersebut dirancang menggunakan pipa atau tabung logam sesuai kebutuhan.

Kalau orang awam melihatnya mungkin alat tersebut seperti tidak ada manfaatnya, padahal banyak sekali fungsi dari perancah antara lain:

  1. Membantu menjaga keselamatan tukang atau pekerja saat melakukan pekerjaan. sekarang bisa dibayangkan sendiri bagaimana para pekerja melakukan pekerjaan dengan ketinggian tertentu tanpa adanya alat bantu, tentu resiko kecelakaan kerja akan lebih besar.
  2. Untuk menempatkan beberapa material yang dibutuhkan oleh pekerja, jadi tidak harus susah-susah mengambil dari bawah.
  3. Melindungi para pekerja yang ada dibawah dari beberapa resiko kejatuhan benda atau material yang digunakan.
  4. Mempermudah para pekerja menjangkau atau melakukan pekerjaan dalam ketinggian berapapun.
  5. Sebagai akses jalan untuk para pekerja yang berada pada bangunan proyek dengan ketinggian tertentu.

Itulah beberapa fungsi utama adanya perancah yang sering digunakan dalam pembangunan sebuah proyek. Para pekerja proyek biasanya telah disediakan oleh perusahaan yang memborong proyek tersebut, tetapi bisa juga menyewa pada rental perancah melalui situs jual beli online. sekarang banyak sekali berbagai alat berat, alat proyek, alat pelindung proyek yang ditawarkan melalui internet. Makanya akan lebih memudahkan para pembangun proyek untuk melakukan pembelian ataupun penyewaan pada rental scaffolding yang banyak ditawarkan.

Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan, seperti yang diketahui bahwa perancah mempunyai banyak sekali jenisnya, antara lain:

1.    Perancah andang.

Untuk perncah jenis ini dapat digunakan dalam ketinggian sekitar 2,5 sampai 3 meter, jika memang kebutuhan lebih tinggi tentu menggunakan jenis lainnya. perancah kandang ada yang terbuat dari bambu ada juga yang terbuat dari besi, jadi untuk keselamatan bisa Anda tentukan sendiri.

2.    Perancah tiang.

Jenis perancah selanjutnya ini dapat digunakan dalam jangkauan yang lebih tinggi yaitu lebih dari 3 meter. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan karena maksimal 10 meter, untuk jenisnya sendiri ada beberapa antara lain dari bambu, dari bambu tetapi konsul dari besi, dari pipa.

3.    Perancah besi beroda.

Jenis perancah ini lebih praktis baik dalam pemasangan ataupun dalam penggunaan, apalagi telah dilengkapi dengan roda jadi mudah dipindah-pindahkan. Bisa digunakan dalam ruangan ataupun luar ruangan sesuai dengan keperluan.

4.    Perancah besi tanpa roda.

Selanjutnya ada perancah yang lebih bagus yang mempunyai ketinggian tertentu, walaupun tanpa roda tetapi jenis perncah ini telah dilengkapi dengan berbagai komponen yang sangat membantu seperti papan pengaman, tiang sandaran, penutup sandaran, tangga, penopang, konsol penyambung dan lainnya.

5.    Perancah frame.

Perancah jenis ini sangat sederhana karena hanya terdiri dari beberapa gabungan pipa yang dapat digunakan dalam sebuah proyek bangunan tinggi.

6.    Perancah menggantung.

Beberapa pekerja yang mengerjakan eternity, mengecat eternity, plat beton atau lain sebagainya yang berada diatas umumnya para pekerja menggunakan jenis scaffolding ini.

terima kasih sudah membaca Scaffolding yang sudah dijelaskan diatas semoga bermanfaat ya 🙂